Cara Instal Ulang Komputer/PC/Laptop/Notebook/Netbook Yang Baik dan Benar serta Data Penting Tidak Hilang

| Selasa, 03 Januari 2012
Instal Ulang secara umum dikenal sebagai suatu proses untuk mengembalikan keseluruhan dari OS (Oprasi Sistem). Ini dilakukan dengan berbagai latar belakang. Ada yang dikarenakan terkena virus yang menyebabkan file-file sistem windows error, ada yang terhapus oleh anti virus yang terkena virus, ada juga yang hanya ingin mengupgrade OS dan lain sebagainya. Maka dilakukanlah proses instal ulang.
            Peralatan yang dibutuhkan sebelum penginstalan ulang OS, CD/DVD windows (lebih baik yang ori, soalnya lagi banyak raziaan), Flashdisk yang berisi antivirus terbaru bersama file update enginenya (saya lebih suka avira) dan CD driver PC/leptop/netbook agan-agan (biar PCnya sempurna). Kalau ngga punya drivernya, download dulu diwarnet terdekat.
            Sebelum masuk ke tahap yang lebih rinci lagi, lebih baik backup dulu data agan-agan yang ada di drive C, pasti banyak file tuch di folder MY DOCUMENTnya. Copy atau cut aja filenya ke partisi D.
            Bagi agan-agan yang masih blank banget cara penginstalan dari awal, saya akan coba jelaskan sedetail mungkin sesuai sedikit ilmu yang saya miliki dan saya ketahui. Pertama-tama nyalakan komputer atau perangkat PC anda atau restar kalau keadaan menyala. Kemudian masuk ke sistem bios. Bagi yang belum tahu bios, tinggal browsing diwekepedia ;). Hal ini bertujuan untuk men-set sistem boot yang pertama kali dibaca oleh PC. Masuk ke sistem bios, setiap PC berbeda, ada dengan cara memijit tombol DELETE, F2, atau ESC. Tapi kebanyakan menekan tombol DELETE. Setelah masuk sistem bios, pilih point sistem BOOT. Disana tertera pilihan BOOT yang pertama (1st), kedua (2nd) dan ketiga (3rd). Untuk menseting boot tersebut, pada bagian boot yang 1st arahkan ke partisi CD/DVD room PC agan ataupun CD/DVD room eksternal, biasanya E atau F. untuk ke dua dan ketiganya ngga perlu di seting sich. Kalau sudah dilakukan, masukan CD/DVD windowsnya. kemudian exit & save biasanya pijit F10. Secara otomatis PC  agan merestart.
            Ketika layar blank, akan muncul titik-titik yang berjalan kemudian ada tulisan “boot from CD/DVD . . . ” Press any key . . . , Agan pijit aja tombol pada keyboard yang mana saja bebas. Nanti secara otomatis akan diarahkan ke penginstalan windows. Pada salah satu tahapannya terdapat pilihan tentang pengelolaan hardisk, dimana letak hardisk yang akan dijadikan tempat penginstalan windows (pilih partisi C system). Setelah menentukan partisi hardisk yang dipilih, kemudian format dl agar semua filenya terhapus secara keseluruhan. Jika yang diinstalnya windows XP, formatan ada 4 macam format NTFS, NTFS Quick, FAT, FAT Quick. Kalo menurut saya filih format NTFS. Berbeda jika yang diinstalnya Window 7 atau Vista, tidak ada rincian tipe formatnya. Setelah proses format selesai, baru bisa diinstal OS nya. ikuti aja berdasarkan arahan-arahan dari proses penginstalan. Mulai dari ngasih nama sistem PCnya, memasukan serial number, pemilihan bahasa, sampai finish.
            Setelah OS berhasil terinstal sampe finish, masukin flashdisk yang berisi antivirus. Terus instalin dech bersma dengan updateannya. Kemudian scan partisi selain C. kalo ada virus, pasti kedetect. Partisi lainpun aman dari virus dan file agan-agan selamat. Jika proses scanning selesai, baru instal driver PC agan-agan dari flash disk ataupun CD drivernya.
Mungkin itu aja gan yang bisa saya sampein, moga bermanfaat ya . . .

2 komentar:

  1. Wah thanks.. sharenya.. sungguh bermanfaat.
    berikut saya share tutorial berupa video belajar website dan desain.
    Kursus Komputer di Denpasar

    Kursus Privat Komputer di Denpasar Bali

    BalasHapus

Prev
▲Top▲